Sunday, August 16, 2009

Menuju Mahasiswa... (part 1)


Hai (^^,)

Alhamdulillah, diri ini telah diterima di salah satu PTN di Indonesia, sungguh anugerah yang tak tergambarkan bagi diri ini... Setelah beberapa kegagalan yang telah kualami, akhirnya Allah memberi hadiah yang sungguh tidak terkira... Dan pada akhirnya diriku menyadari, bahwa Allah pasti memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan semata...

Namun, terlalu cepat untuk berbahagia... Bagi diri ini yang masih belum dewasa, memasuki dunia pasca-SMA adalah hal yang tidak mudah... Namun kuyakin, ku akan mendapatkan lebih banyak mozaik kehidupanku di masa ini... Jadi, saya yakin, kehidupan setelah masa SMA akan terasa menyenangkan (^^)

Hmm, masih terkenang 'kegagalan-kegagalan' yang saya rasakan saat saya ingin memasuki beberapa PTN lainnya lewat ujian mandiri dari universitasnya sendiri. Hehe, serasa nostalgia... Waktu saya ikut SIMAK UI sekitar bulan April dulu (atau Maret ya? Lupa nih, hehe...), saya kaget karena saya dapat tempat ujian di Cibinong... Suatu tempat yang sangat asing bagi saya, maklum, saya jarang sekali main ke luar kota selain ke Bandung, hha... (^^)a. Namun, itu menjadi suatu pengalaman yang sangat berharga bagi saya... Saya jadi tahu Cibinong deh, walaupun mesti lelah dengan bulak-balik memakai bis kota, hehehe... But, it was fun (^^).
Saat diakhir perjalanan, saya pun jadi tidak memikirkan hasil ujian, namun saya terkenang banyak hal yang saya dapatkan saat perjalanan di Cibinong, hha... Dan saat melihat hasil yang kurang membahagiakan, saya pun cuma senyum-senyum sendiri, hehe, aneh ya?



"Sebenernya dulu saya foto tu gerbang... tapi entah kemana file-nya, nyari aja di google, hehe... Lebih kurang daerah inilah yang kusinggahi pas dulu ikutan SIMAK UI"

Saat saya ikut PMBP ITB, saat itu saya memang agak sungguh-sungguh, maklum, salah satu cita-cita saya dari dulu adalah masuk FSRD ITB... Masih ingat saya saat pengembalian berkas-berkas persyaratan di gedung ANNEX ITB (kalau ga salah, heu), ada satu syarat yang kurang, yaitu foto untuk surat keterangan buta warna... Karena tidak ada toleransi, ya, saya pulang lagi saja ke Cianjur... Dan alhamdulillah, untung besoknya masih bisa diterima, jadi besoknya saya ke sana lagi dan alhamdulillah lancar... Saya sempat kaget plus kasihan saat orang yang juga berkepentingan yang sama dengan saya disuruh pulang lagi karena foto-nya berwarna, padahal mestinya hitam putih... Padahal rumahnya katanya di Padang dan saat itu sudah jam 3 sore, parahnya hari itu adalah hari terakhir baginya untuk menyerahkan persyaratan... Masya Allah... Tentang nasibnya saya tidak tahu, tapi mudah-mudahan dia selamat dan mendapatkan apa yang terbaik baginya... Namun, kali ini pun saya kurang beruntung, saya tidak lulus... Sempat terjadi ke-'kosong'-an dalam diri ini... Serasa hampa, padahal itu adalah cita-citaku sedari dulu (hha, dramatisir pisan ya?) Pada akhirnya saya menyadari, ikhtiar saya kurang... Coba saya latihan sedari dulu juga, ini mah baru try-out sekali aja udah maksakeun ikut, hehe... Tapi alhamdulillah, ini pun menjadi hal yang sangat berkesan bagi saya (^^)

Namun yang paling berkesan bagi saya adalah saat persiapan SNMPTN... Saya telah pesimis tentang SNMPTN ini... Karena persiapan saya yang kurang dan saat melihat soal-soal tahun lalu, mata saya serasa tidak mau lagi melihat soal-soal seperti itu... @_@. Namun bukan itu yang berkesan, namun pada saat saya disadarkan oleh Ayah saya yang super jeli dan super apik... Alhamdulillah, beliau me-recheck ulang buku panduan SNMPTN saya, ternyata saya salah me-stabilo kode sekolah dan jika sudah salah me-stabilo, 95% kemungkinan otomatis saya mengisi formulir pendaftaran SNMPTN saya sama dengan kode yang sudah saya stabilo-i (hehe, ngerti ga?). Thanks to my Father, saya langsung terbang ke SMANSA dan memburu ruang BK... Alhamdulillah, semua guru BK masih stand-by di sana... Langsung saya cerita dan Bu Rita langsung memberi solusi, "Susul formulir SNMPTN-nya ke IPB Baranangsiang... Masih ada waktu kok, besok saja... Tapi pagi-pagi..." Mesti pagi-pagi karena besok yang dimaksud di sana adalah hari Jumat... Kalau hari Jumat, Anda tahu sendiri, kenapa mesti pagi-pagi ke sananya kan? Hehehe... (^^,). Alhamdulillah saat itu saya masih diberi umur dan kesempatan untuk melesat ke Bogor dengan naik ALPHARD a.k.a. L300 ala Bogoran (^_^)a... Alhamdulillah, untung saya pernah menjelajah di daerah Bogor, jadi tidak sulit menemukan IPB Baranangsiang, hehe... Dan syukur alhamdulillah... Formulir pendaftaranku masih ada di sana, dan saya pun masih bisa memperbaikinya... \(T^T)/ (saking grogi-nya, saya malah ngehapus kode jurusan, aduh... aduh...). Saya pun pulang dengan penuh ketenangan... Tadinya saya pengen ke Botani Square, mau nonton film KCB, tapi saat jam 9 pagi, masih belum buka... Ah, males banget nunggu cuma buat nonton film... Hehe... Yaa, saya langsung pulang sajah... Namun, saya menyempatkan untuk shalat Jumat di Masjid yang paling unik yang pernah saya temui, yaitu masjid Al-Muqsith di Tugu, Cisarua... Whew, alhamdulillah, luar biasa, Allahu akbar!!! Betapa berkesannya perjalanan waktu itu... (^^,)

"Noh, di atas tu kampus IPB Baranangsiang, tempatku melepas semua kekhawatiran ga lulus SNMPTN karena faktor X, di bawah tu masjid Al-Muqsith, tempat melepas semua syukur kepada Allah di saat itu... (^^)v"

Dan saat menjalani tes-nya, saya sangat stress sangat, maklum, saya dari program bahasa, dan saya ambil IPC... haduh haduh, sungguh hal yang sangat memusingkan saat waktu itu (^^)a...
Sempat stress juga saat masa-masa menunggu hasil keluar... Benar-benar situasi yang membuat pesimis... Sempat kepikiran untuk melirik PTS saja... Huff...

Namun, Allah berkehendak lain... Saat saya sudah pesimis-pesimisnya, saya iseng-iseng saja buka internet dan masuk situs snmptn.itb.ac.id pas ba'da maghrib (dikasih tau ama senpai, hehe)... Tak dinyana alhamdulillah saya lulus... Tidak buruk, karena ini juga bisa merupakan jembatan saya untuk meraih cita-cita pergi ke Jepang (^^) Sastra Jepang UNPAD... Warukunai, alhamdulillah... Ternyata saya pun menyadari, Allah memang memberikan yang saya butuhkan, bukan yang saya inginkan semata... Subhanallah... Sungguh skenario Allah tidak ada yang sia-sia...

No comments:

Post a Comment