Monday, June 29, 2009

Past Legends 6 : Nouryokushiken... Hmmm...

Kemampuan harus terus diasah, supaya tetap tajam sepanjang masa..

Assalamu'alaikum...

Yup, benar... kalau tidak diasah, meureun tumpul atau sampai-sampai karatan, benar ga?

Alhamdulillah, minggu sekarang (7-12-2008) dz mau ikutan Nouryokushiken nih... Konon katanya Nouryokushiken a.k.a. Nouken ini tesnya seperti TOEFL'nya bahasa Inggris... Tahun ini dz ikutan yang yonkyuu a.k.a. level 4... Weits, tapi level 4 ini adalah level terrendah dari level2 yang ada di Nouken, hahaha... ya, maklum lah, 1st experience... Makin banyak pengalaman makin seru kan?

Apaan sih nouryokushiken itu sebenarnya?

Setelah googling, saya dapet artikel dari blog TADOTSUGAKUEN (bisa dilihat di : http://tadotsugakuen.blogspot.com) tentang nouryokushiken...

Nouryokushiken atau dalam bahasa Inggris disebut Japanese Language Proficiency Test a.k.a. JLPT adalah ujian kemampuan bahasa Jepang berstandar internasional untuk semua orang berbahasa asing/tidak memakai bahasa jepang sebagai bahasa ibu (native language)...

Begitulah... Diselenggarakan setiap tahun, serentak di seluruh dunia... pada hari minggu pertama bulan Desember... Diselenggarakan oleh Japan Foundation (JF), tapi kalo di Jepang sendiri, diselenggarkan oleh Japan Educational Exchanges and Service (JEES)...

Materi yang diujikan dalam Nouken dibagi menjadi 3 bagian :

- Moji-Goi (menulis dan kosakata)

- Choukai (Pendengaran)

- Dokkai-Bunpou (Bacaan dan pola kalimat)

Semua soal ditulis dengan huruf hiragana/katakana/kanji (disesuaikan dengan tingkatan levelnya..) Ada 4 level yang disediakan... saya ngutip lagi ah...

- Level 1 : Menguasai sekitar 2.000 kanji dan hafal, serta mengerti penggunaan 10.000 kata dalam bahasa jepang, dapat memahami percakapan yang kompleks, membuat tulisan dan membaca berita dengan fasih dalam kehidupan sehari-hari. Diperuntukan bagi mereka yang telah mempelajari bahasa Jepang selama kurang lebih 900 jam efektif (tidak harus pendidikan formal ataupun kursus). Level 1 / 1 kyuu merupakan level paling tinggi di nouryokushiken.

- Level 2 : Menguasai sekitar 1.000 kanji dan 6.000 kata-kata, dapat memahami percakapan, membuat cerita, membaca berita dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Level ini biasa dicapai oleh mereka yang telah mempelajari bahasa Jepang selama 600 jam. 2 kyuu merupakan standar minimal bagi mereka yang ingin belajar di universitas di jepang.

- Level 3 : Menguasai sekitar 300 kanji dan 1.500 kata, bisa memahami percakapan (kaiwa) standar dalam kehidupan sehari-hari, memahami kosakata dan pola kalimat standar. 3 kyuu biasa dicapai oleh mereka yang telah mempelajari bahasa Jepang selama 300 jam.

- Level 4 : Menguasai sekitar 100 kanji dan 800 kata dalam bahasa jepang, bisa memahami percakapan (kaiwa) standar dalam kehidupan sehari-hari, memahami kosakata standar. 4 kyuu / level 4 merupakan level dasar dan diperuntukan bagi mereka yang telah mempelajari bahasa Jepang selama 150 jam.

Begitulah... Oya, pendaftaran untuk tahun ini sudah ditutup... So, bagi yang berminat, ikutan aja taun depan ya... biasanya pendaftaran dilaksanakan beberapa bulan sebelum hari H... So, persiapkan dirimu!

Doain saya ya ^^ Supaya mendapatkan "GOUKAKU" alias lulus...

Wassalam...


on December 1, 2008 at 6:56 am

No comments:

Post a Comment